Sebarkan Kebaikan, Sebarkan Kasih Sayang, Jalin Persaudaraan, Jalin Kebersamaan

Senin, 02 Februari 2009

Manajemen Strategi

QUIZ II

MANAJEMEN STRATEJIK

 

1.       Ada tiga hal yang harus diperhatikan, agar suatu strategi dapat diimplementasikan  ecara efektif. Sebutkan ketiga hal dimaksud.

 

Jawab :

Agar suatu strategi dapat diimplementasikan secara efektir ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu :

1)      Strategi yang dirumuskan harus konsisten dengan situasi persaingan yang dihadapi oleh perusahaan;

2)      Strategi harus memperhitungkan secara realistis kemampuan perusahaan menyediakan berbagai daya, sarana, prasarana dan dana yang diperlukan untuk mengoperasionalkan strategi tersebut;

3)      Strategi yang telah ditentukan dioperasionalkan secara teliti.

 

2.       Seperti halnya pada analisis eksternal, demikian pula pada perumusan analisis internal biasanya selalu dihadapkan pada berbagai tantangan, sebutkan.

 

Jawab :

Tantangan-tantangan yang dihadapi dalam perumusan analisis internal adalah :

1)      Penilaian yang bersifat subyektif;

2)      Perhitungan-perhitungan yang tidak dapat dikualifikasikan;

3)      Kenyataan bahwa bisnis selalu bergerak dalam kondisi dinamis dan mengandung ketidakpastian;

4)      Adanya faktor-faktor yang berada diluar kemampuan organisasi untuk mengendalikannya.

 

3.       Salah satu instrument Analisis internal yang biasa digunakan adalah Analisis SWOT. Jelaskan pengertian Analisis SWOT dan bagaimana mekanisme penggunaan analisis ini dalam proses penyusunan manajemen stratejik suatu perusahaan.

 

Jawab :

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities dan threats. Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi/menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh organisasi/perusahaan.

 

Mekanisme penggunaan analisis SWOT adalah dengan mengevaluasi masing-masing unsur dalam SWOT, yaitu :

  1. Kekuatan : Menganalisis kekuatan yang dimiliki organisasi sehingga dapat diketahui secara pasti faktor-faktor internal apa yang menjadi kekuatan organisasi;
  2. Kelemahan : Harus dikenali secara tepat apa yang menjadi kelemahan yang mungkin terdapat dalam perusahaan. Kelemahan tersebut misalnya kelemahan manajerial, fungsional, struktural, atau yang bersifat psikologis;
  3. Peluang : Harus diketahui peluang apa yang bisa dimanfaatkan, terutama dengan mengembangkan faktor-faktor pendukung dan mengubah potensi yang dimiliki menjadi kekuatan yang efektif sehingga organisasi memiliki keunggulan kompetitif yang dapat diandalkan;
  4. Acaman : harus diketahui ancaman apa bagi perusahaan, ketidakmampuan memanfaatkan peluang juga akan menjadi suatu ancaman dari dalam, karena pesaing akan mengambil manfaat atas kelemahan tersebut.

 

4.       Dalam melakukan pendekatan analisis rincian operasional suatu perusahaan, biasanya ada dua hal yang menjadi sorotan perhatian ialah pelaksanaan kegiatan-kegiatan pokok dan kegiatan-kegiatan penunjang, terutama yang sifatnya stratejik. Berikan penjelasan apakah yang dimaksud dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pokok.

 

Jawab :

Pelaksanaan kegiatan-kegiatan pokok adalah pelaksanaan semua aktivitas yang mempunyai kaitan langsung dengan pencapaian tujuan dan sasaran suatu organisasi

 

5.       Dalam menyusun manajemen stratejik, hendaknya manajemen perusahaan berpedoman pada sasaran jangka panjang dan sasaran Umum/induk yang telah ditentukan.. Kemukakan alasannya penjelasan apakah yang dimaksud dengan sasaran jangka panjang.

 

Jawab :

Dalam menyusun manajemen startejik perusahaan harus berpedoman pada sasaran jangka panjang karena sasaran jangka pangjang merupakan arah, sasaran dan tujuan yang akan dicapai oleh suatu organisasi. Strategi jangka pangjang berperan penting sebagai rambu-rambu bagi perusahaan apakah perusahaan sudah berada pada jalur yang benar atau tidak.

 

Sasaran jangka panjang adalah rumusan rencana strategik perusahaan yang menjadi sasaran dan tujuan dalam jangja panjang. Sasaran jangka panjang ini merupakan tujuan akhir dari perusahaan yang memiliki cirri-ciri antara lain : bersifat idealistic, jangkauan waktu yang jauh ke depan, bentuknya abstrak dan dinyatakan secara kualitatif.

 

 

6.       Menurut pakar manajemen terdapat tujuh wilayah pengelolaan bisnis yang perlu mendapat perhatian dalam menentukan sasaran jangka panjang. Sebutkan ketujuh aspek pengelolaan bisnis dimaksud.

 

Jawab :

Tujuh Aspek Pengelolaan Bisnis :

1)      Perolehan Keuntungan;

2)      Produktivitas;

3)      Posisi Kompetitif;

4)      Pengembangan sumber daya manusia;

5)      Pemeliharaan hubungan industrial;

6)      Keunggulan teknologi;

7)      Tanggung jawab sosial.

 

 

7.       Salah satu aspek pengelolaan bisnis yang menentukan sasaran jangka panjang tersebut adalah posisi kompetitip. Dengan posisi kompetitif ini dimaksudkan bahwa produk yang dihasilkan/dipasarkan harus memenuhi berbagai persyaratan tertentu. Sebutkan persyaratan dimaksud.

 

Jawab :

Persyaratan produk yang dipasarkan adalah :

1)      Mutu produk yang sesuai dengan tutuntan pengguna;

2)      Harga yang wajar dan terjangkau pengguna;

3)      Sesuai dengan selera konsumen, mengikuti perkembangan zaman;

4)      Mampu memenuhi sebagian kebutuhan konsumen;

5)      Kemudahan dalam pembelian dengan system kredit apabila diinginkan;

6)      Jaminan pelayanan suku cadang;

7)      Pelayanan purna jual yang dapat diandalkan.

 

 

8.       Sasaran operasional tahunan yang akurat sangat menentukan keberhasilan pencapaian misi perusahaan, jelaskan apakah yang dimaksud dengan Sasaran operasional tahunan dan jelaskan pula apakah perbedaannya dengan sasaran jangka panjang.

 

Jawab :

Sasaran Operasional Tahunan adalah pernyataan tentang hal-hal yang diharapkan dicapai oleh bagian-bagian satuan bisnis sebagai sumbangsihnya kepada pencapaian strategi dasar yang telah ditetapkan.

 

Perbedaan diantara keduanya:

1)      Kurun waktu yang dicakup berbeda, yaitu: Sasaran jangka panjang mencakup kurun waktu 5 tahun atau lebih, sedang sasaran tahunan mencakup kurun waktu satu tahun. Pengertian tahun disini bisa tahun takwim atau tahun buku.

2)      Yang menladi sorotan perhatian dalam mengimplementasikan strategi jangka panjang adalah persaingan yang harus dihadapi di masa depan, sedang pada sasaran tahunan adalah pencapaian hasil-hasil tertentu balk oleh perusahaan sebagai keseluruhan maupun satuan-satuan bisnis yang terdapat didalamnya.

3)      Penentuan sasaran jangka panjang cukup apabila dinyatakan secara umum, sedangkan sasaran tahunan harus bersifat detil dan sangat spesffik dan bertautan langsung dengan keberhasilan perusahaan.

4)      Takaran/ukuran yang dinyatakan dalam sasaran jangka panjang, pengukurannya dianggap cukup jika memenuhi persyaratan umum yang bersifat relative, sedangkan pada sasaran tahunan tidak hanya bersifat relative akan tetapi bersifat konkrit dan absolute.

 

 

9.       Keberhasilan suatu sasaran operasional tahunan amat tergantung dari keakuratan strategi operasi yang tidak dijalankan oleh perusahaan, yang antara lain adalah berupa Strategi fungsional. Jelaskan mengapa Strategi fungsional mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi.

 

Jawab :

Stategi fungsional mempunyai peranan yang penting dalam pencapai tujuan organisasi karena sasaran Tahunan dianggap belum mencukupi, karena masih perlu ditentukan berbagai cara untuk mencapai sasaran tersebut. Berbagai cara tersebut diperoleh dengan mengidentifikasi strategi bidang fungsional, yang mempunyai peranan kunci dalam keberhasilan suatu perusahaan tujuan dan berbagai sasaran jangka panjang.

Oleh sebab itu tidak ada pilihan lain bagi manajemen, kecuali mengembangkan berbagai strategi bidang fungsional, dengan prioritas utama bidang fungsional yang penting, seperti pemasaran, keuangan, produksi, penelitian dan pengembangan serta sumber daya

 

 

10.   Pelembagaan Strategi akan lebih menjainin terselenggaranya operasi perusahaan secara efektif, efisien dan produktifitas yang tinggi. Sebutkan tiga elemen organisasi yang merupakan unsur pelembagaan strategi.

 

Jawab :

Tiga elemen organisasi yang mpelrupakan unsur pembagaan strategi adalah:

  1. Struktur Organisasi.
  2. Kepemimpinan dalam organisasi,
  3. Kultur yang dianut oleh Organisasi

 

11.   Organisasi dibentuk sebagai wahana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Agar tujuan tersebut dapat tercapai secara efektif, efisien dan produktif, maka organisasi harus dikelola berdasarkan Prinsip-prinsip Dasar Organisasi. Sebutkan prinsip-prinsip dimaksud.

 

Jawab :

Prinsip-prinsip dasar organisasi :

1)      Kejelasan tujuan,                                                                      

2)      Kejelasan Misi.

3)      Fungsionalisasi setiap fungsi yang ada                            

4)      Kejelasan aktifitas

5)      Keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab.

6)      Pendelegasian Wewenang.       

7)      Pembagian pekerjaan

8)      Kesatuan arah  

9)      Kesatuan komando

10)   Rentang kendali

11)   Sentralisasi versus Desentralisasi

12)   Departementalisasi.

 

12.   Untuk menentukan apakah apakah implementasi strategi terlaksana sebagaimana mestinya atau tidak, manajemen perlu melakukan tiga jenis tindakan terhadap operasi perusahaan, yaitu: melakukan pengawasan, membuat penilaian dan menciptakan suatu sistim umpan balik Jelaskan definisi dari pengawasan dan sebutkan mengapa perlu dilakukan pengawasan.

 

Jawab :

Pengawasan adalah keseluruhan upaya pengamatan pelaksanaan kegiatan operasional guna menjamin bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

 

Pentingnya Fungsi Pengawasan:

1)      Untuk Iebih menjamin bahwa semua kegiatan yang diselenggarakan dalam suatu organisasi didasarkari pada suatu rencana dan suatu strategi.

2)      Untuk mencegah terjadinya deviasi dalam operasionalisasi suatu rencana sehingga berbagai kegiatan operasional yang sedang berlangsung terlaksana dengan baik dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi.

3)      Disadari bahwa manusia sebagai penyelenggara kegiatan operasional merupakan makhluk yang tidak sempuma, yang memiliki keterbatasan dalam kemampuan, pengetahuan maupun keterampitan.

 

 

13.   Ada beberapa teknik pengawasan yang biasa dilakukan orang terhadap implementasi strategi perusahaan, berikan penjelasan dan sebutkan pula berbagai obyek yang menjadi sasaran penilaian.

 

Jawab :

Terdapat beberapa teknik-teknik pengawasan yang dapat dipergunakan:

1.       Pengamatan langsung/Observasi;

2.       Melalui laporan baik lisan maupun tertulis;

3.       Penggunaan Questionair;

4.       Wawancara.

 

Obyek yang menjadi sasaran penilaian adalah seluruh faktor organisasional, antara lain :

1)      Tujuan yang hendak dicapai;

2)      Misi yang diemban;

3)      Berbagai sasaran panjang;

4)      Strategi induk;

5)      Struktur organisasi;

6)      Komposisi manajerial;

7)      Proses dan gaya manajerial;

8)      Manajemen sumber daya manusia;

9)      Proses pengambilan keputusan;

10)   Sasaran berbagai bidang fungsional; dan

11)   Strategi manajemen opeasional.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar