Sebarkan Kebaikan, Sebarkan Kasih Sayang, Jalin Persaudaraan, Jalin Kebersamaan

Kamis, 20 November 2008

Kuis Manajemen Strategi

  

1.      Untuk dapat memenangkan persaingan pada era globalisasi, setiap perusahaan harus menyusun Manajemen Strategis yang akurat dan lebih unggul. Terangkan apakah yang dimaksud dengan Manajemen Strategis dan sebutkan pula komponen pokok/tahapan dari Manajemen Strategis.

Jawab : 

Manajemen stratejik adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu oranisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi

 

Komponen pokok/tahapan manajemen strstegis :

1)      Perumusan misi organisasi(perusahaan);

2)      Penentuan profil organisasi

3)      Analisis dan pilihan strategi;

4)      Penetapan sasaran jangka panjang;

5)      Penentuan strategi induk;

6)      Penentuan strategi operasional

7)      Penentuan sasaran jangka pendek;

8)      Perumusan kebijaksanaan;

9)      Pelembagaan strategi;

10)  Penciptaan sistem pengawasan;

11)  Penciptaan sistem penilaian;

12)  Penciptaan sistem umpan balik. 

2.     Manajemen puncak suatu organisasi terlebih-lebih organisasi bisnis harus mampu merumuskan dan menentukan strategi operasi, sehingga organisasi tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan produkvitas kerjanya, untuk itu manajemen puncak harus mengusai teknik desain dan mengenali faktor-fakator yang berpengaruh dalam rancang bangun Sistem Manajemen Strategis. Sebutkan faktor-faktor dimaksud.

Jawab : 

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam rancang bangun manajemen strategi :

1)      Tipe dan struktur organisasi.

2)      Gaya manajerial;.

3)      Kompleksitas lingukuan eksternal;.

4)      Kompleksitas proses produksi;

5)      Hakikat berbagai masalah yang dihadapi.

3.      Semakin ketatnya persaingan di masa depan mengharuskan perusahaan mengenali tantangan yang harus dihadapinya. Sebutkan tantangan dimaksud.

Jawab :

Tantangan-tantangan di masa depan

1)      Globalisasi ekonomi;

2)      Perubahan geopolitik;

3)      Perkembangan teknologi;

4)      Moralitas dan etika bisnis;

5)      Keanekaragaman dan ketersediaan tenaga kerja;

6)      Peningkatan taraf hidup yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen;

7)      Ketersediaan sumber dana dan sumber daya;

8)      Demografi.

 

4.      Penerapan Manajemen stratejik yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Sebutkan ciri-ciri organisasi yang berkinerja tinggi.

Jawab :

Ciri-ciri organisasi yang berkinerja tinggi adalah :

1)      Mempunyai arah yang jelas untuk dicapai;

2)      Mempunyai tenaga kerja yang mempunyai keterampilan tinggi disertai semangat kewirausahaan;

3)      Manajernya mempunyai komitmen yang kuat pada suatu rencana aksi stratejik, yang diharapkan membuahkan keuntungan finansial yang memuaskan dan menempatkan organisasi pada posisi persaingan yang dapat diandalkan;

4)      Berorientasi pada hasil dan memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya efektivitas dan produktivitas;

5)      Komitmen yang mendalam dari para manajer terhadap strategi yang telah ditentukan dan berupaya bersama seluruh komponen agar strategi tersebut berhasil. 

5.      Penentuan misi yang tepat sangat mendukung pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Terangkan apakah yang dimaksud dengan misi dan sebutkan pula ciri-ciri yang harus tergambar dalam suatu misi.

Jawab :

Misi adalah maksud dan kegiatan utama yang membuat organisasi memiliki jati diri yang khas dan membedakannya dengan organisasi lain. Misi merupakan pernyataan umum yang bersifat tetap oleh manajemen puncak yang mengandung niat/tujuan organisasi.

 

Ciri-ciri yang harus tergambar dalam misi :

·         Mengandung pernyataan filsafat bisnis yang dianut oleh manajemen puncak

·         Memberi gambaran citra diri yang ingin diproyeksikan;

·         Mencerminkan pandangan organisasi tentang dirinya sendiri. 

6.      Pada umunya sumber ide dalam perumusan misi suatu perusahaan berasal dari pendangan, keyakinan, keinginan dan cita-cita pendirinya. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipahami dalam membuat perumusan misi.

Jawab :

Hal-jal yang perlu diperhatikan dalam perumusan misi :

1)      Konsumen dan pasar yang menjadi sasaran;

2)      Jasa pelayanan yang akan diberikan;

3)      Wilayah operasi perusahaan;

4)      Teknologi yang akan digunakan;

5)      Pemantapan keberadaan organisasi;

6)      Filsafat bisnis yang akan diterapkan;

7)      Pengenalan jati diri perusahaan secara mantap

8)      Citra perusahaan yang ingin diproyeksikan.

7.      Perjalanan hidup suatu organisasi dipengaruhi oleh dampak peristiwa, perkembangan dan sifat perubahan yang terjadi pada lingkungannya, baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Pada prakteknya lingkungan eksternal dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu lingkungan eksternal yang jauh dan yang dekat, berikan penjelasan.

Jawab :

·         Faktor-faktor lingkungan Eksternal jauh adalah faktor-faktor yang berasal dari luar organisasi dan biasanya timbul terlepas dari situasi operasional yang dihadapi perusahaan, tetapi mempunyai dampak tidak langsung pada proses manajerial dan operasional perusahaan. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor ekonomi, politik, sosial, tekonologi dan industri;

·         Faktor-faktor lingkungan Eksternal dekat adalah faktor-faktor yang mempunyai dampak langsung pada proses manajerial dan operasional perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah persaingan usaha, perilaku para konsumen, pasaran tenaga kerja, penyandang dana, dan pemasok. 

8.      Sebutkan beberapa faktor lingkungan eksternal yang perlu dipertimbangkan/diperhatikan di bidang ekonomi, berikan penjelasan.

Jawab :

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan di bidang ekonomi:

1)      Perkembangan global di bidang ekonomi;

Perubahan peta kekuatan ekonomi dunia yang sangat cepat, terbentuknya kelompok-kelompok kerja sama ekonomi regional, semakin kaburnya batas antar negara dengan kemajuan teknologi pelu mandapat perhatian bagi para pengambil keputusan strategi.

2)      Pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan;

Pembangunan yang berlangsung pesat mengakibatkan pertumbuhan ekonomi yang cepat pula, disisi lain ada pengaruh negatif terhadap lingkungan hidup. Ada pembangunan ekonomi di bidang/sektor tertentu yang memanfaatkan sumbe daya alam, dapat menggangu kelestarian lingkungan hidup

3)      Kehadiran korporasi multinasional;

Kehadiran korporasi multinasional dengan modal kuat, penguasaan teknologi tinggi, pelayanan yang lebih baik, kemampuan penggunaan sumber daya ekonomi mengakibatkan perusahaan-perusahaan lokal harus meningkatkan kemampuannya agar bisa tetap eksis dan bersaing.

4)      Kejutan di bidang energi

Keterbatasan sumber energi dunia, mengakibatkan melambungnya harga minyak mentah dunia. Harus dicari sumber energi alternatif yang murah, melakukan penghematan energi dan menciptakan produk-produk hemat energi.

5)      Pendanaan

Keterbatasan sumer dana pribadi dihadapkan kepada pilihan untuk mencari sumber pendanaan lain. Keputusan untuk menentukan sumber dana harus benar-benar dipikirkan dengan baik apakah akan menjual saham atau meminjam ke lembaga keuangan dengan berbagai konsekwensi yang harus ditanggung.

9.      Salah satu faktor dibidang ekonomi yang perlu dicermati adalah kehadiran korporasi multi nasional, sebutkan dampak kehadiran korporasi multinasional terhadap perusahaan nasional. 

Jawab :

Dampak kehadiran korporasi multinasional :

1)      Persaingan yang akan semakin tajam dan ketat;

2)      Perlombaan penggunaan teknologi yang semakin canggih dalam upaya masing-masing meningkatkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas perusahaan;

3)      Usaha penguasaan sumber daya alam

4)      Diversifikasi kegiatan berdasarkan pertimbangan keunggulan komparatif seperti tersedianya tenaga kerja yang upahnya relatif rendah dan sumber daya alam yang relatif melimpah;

5)      Kecenderungan tumbuhnya oligopoli yang membuat perusahaan kecil dan menengah makin terbatas ruang geraknya.  

10.  Seperti halnya analisa lingkungan eksternal, demikian pula analisa lingkungan internal setiap perusahaan sangat perlu untuk mengadakan analisa internal, karena dengan analisa internal dapat diketahui kemampuan, keterbatasan dan peluang-peluang yang masih dapat diolah untuk pengembangan perusahaan. Sebutkan lima sasaran analisa internal. 

Jawab :

Lima sasaran analisa internal :

1)      Posisi pasar;

2)      Keuangan dan akuntansi;

3)      Produksi yang beraspek teknis dan operasional perusahaan;

4)      Sumber daya manusia;

5)      Struktur organisasi dan manajemen.

 

 

 

 

 

 

1 komentar: