Sebarkan Kebaikan, Sebarkan Kasih Sayang, Jalin Persaudaraan, Jalin Kebersamaan

Selasa, 27 Januari 2009

Al Islam dan Kemuh 4 Vol.1

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia

 

Beberapa Pendapat Tentang Awal Masuknya Islam di Indonesia.

 

1.Babak pertama,  abad 7 masehi (abad1 hijriah).

 

Pada abad 7 masehi, Islam sudah sampai ke Nusantara. Para Da’i yang datang ke Indonesia  berasal  dari  jazirah  Arab  yang  sudah  beradaptasi  dengan  bangsa  India  yakni bangsa Gujarat dan ada juga yang telah beradptasi dengan bangsa Cina, dari berbagai arah yakni   dari   jalur   sutera   (jalur   perdagangan)   dawah   mulai   merambah   di   pesisir-pesisir Nusantara.

Sejak awal Islam tidak pernah membeda-bedakan fungsi seseorang untuk berperan sebagai da’i (juru dawah). Kewajiban berdawah dalam Islam bukan hanya kasta (golongan) tertentu  saja  tetapi  bagi  setiap  masyarakat  dalam  Islam.  Sedangkan  diagama  lain  hanya golongan  tertentu  yang  mempunyai  otoritas  menyebarkan  agama  yaitu  pendeta.  Sesuai ungkapan Imam Syahid Hasan Albana Nahnu duat qabla kulla sai artinya kami adalah dai sebelum profesi-profesi lainnya.

Sampainya dawah di Indonesia melalui para pelaut-pelaut atau pedagang-pedagang sambil  membawa  dagangannya  juga  membawa  akhlak  Islami  sekaligus  memperkenalkan nilai-nilai  yang  Islami.  Masyarakat  ketika  berbenalan  dengan  Islam  terbuka  pikirannya, dimulyakan  sebagai  manusia  dan  ini  yang  membedakan  masuknya  agama  lain  sesudah maupun sebelum datangnya Islam. Sebagai contoh masuknya agama Kristen ke Indonesia ini  berbarengan  dengan  Gold  (emas  atau  kekayaan)  dan  glory  (kejayaan  atau  kekuasaan) selain  Gospel  yang  merupakan  motif  penyebaran  agama  berbarengan  dengan  penjajahan dan kekuasaan. Sedangkan Islam dengan cara yang damai.

Begitulah  Islam  pertama-tama  disebarkan  di  Nusantara,  dari  komunitas-komunitas muslim yang berada di daerah-daerah pesisir berkembang menjadi kota-kota pelabuhan dan perdagangan dan terus berkembang sampai akhirnya menjadi kerajaan-kerajaan Islam dari mulai  Aceh  sampai  Ternata  dan  Tidore  yang  merupakan  pusat  kerajaan  Indonesia  bagian Timur yang wilayahnya sampai ke Irian jaya.

 

 

2.Babak kedua, abad 13 masehi.

 

Di   abad   13   Masehi   berdirilah   kerajaan-kerajaan   Islam   diberbagai   penjuru   di Nusantara. Yang merupakan moment kebangkitan kekuatan politik umat khususnya didaerah Jawa  ketika  kerajaan  Majapahit  berangsur-angsur  turun  kewibawaannya  karena  konflik internal. Hal ini dimanfaatkan oleh Sunan Kalijaga yang membina diwilayah tersebut bersama Raden Fatah yang merupaka keturunan raja-raja Majapahit untuk mendirikan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa yaitu kerajaan Demak. Bersamaan dengan itu mulai bermunculan pula kerajaan-kerajaan Islam yang lainnya, walaupun masih bersifat lokal.

Pada  abad  13  Masehi  ada  fenoma  yang  disebut  dengan  Wali  Songo  yaitu  ulama- ulama  yang  menyebarkan  dawah  di  Indonesia. Wali  Songo  mengembangkan  dawah  atau melakukan proses Islamisasinya melalui saluran-saluran:

a)      Perdagangan

b)      Pernikahan

c)      Pendidikan (pesantren)

Pesantren  merupakan  lembaga  pendidikan  yang  asli  dari  akar  budaya  indonesia,  dan juga adopsi dan adaptasi hasanah kebudayaan pra Islam yang tidak keluar dari nilai-nilai Islam yang dapat dimanfaatkan dalam penyebaran Islam. Ini membuktikan Islam sangat menghargai budaya setempat selama tidak bertentangan dengan nilai-niliai Islam.

d)   Seni dan budaya

 

Saat itu media tontonan yang sangat terkenal pada masyarakat jawa kkhususnya yaitu wayang. Wali Songo menggunakan wayang sebagai media dawah dengan sebelumnya mewarnai  wayang  tersebut  dengan  nilai-nilai  Islam.  Yang  menjadi  ciri  pengaruh  Islam dalam   pewayangan   diajarkannya   egaliterialisme   yaitu   kesamaan   derajat   manusia dihadapan Allah dengan dimasukannya tokoh-tokoh punakawam seperti Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.

Para  Wali  juga  menggubah  lagu-lagu  tradisional  (daerah)  dalam  langgam  Islami,  ini berarti nasyid sudah ada diIndonesia ini sejak jaman para wali. Dalam upacara-upacara

adat juga diberikan nilai-nilai Islam.

e)   Tasawwuf

 

Kenyatan   sejarah   bahwa   ada   tarikat-tarikat   di   Indonesia   yang   menjadi   jaringan penyebaran agama Islam.

 

 

3.Babak ketiga, masa penjajahan Belanda.

 

Pada  abad  17  masehi  tepatnya  tahun  1601  datanglah  kerajaan  Hindia  Belanda kedaerah  Nusantara  yang  awalnya  hanya  berdagang  tetapi  akhirnya  menjajah.  Belanda datang  ke  Indonesia  dengan  kamar  dagangnya  yakni  VOC,  semejak  itu  hampir  seluruh wilayah nusantara dijajah oleh Hindia Belanda kecuali Aceh. Saat itu antar kerajaan-kerajaan Islam  di  nusantara   belum  sempat   membentuk   aliansi   atau  kerja  sama.  Hal  ini   yang menyebabkan proses penyebaran da’wah terpotong.

Dengan  sumuliayatul        (  kesempurnaan)  Islam  yang  tidak  ada  pemisahan  antara aspek-aspek kehidupan tertentu dengan yang lainnya,ini   telah diterapkan oleh para Ulama saat itu. Ketika penjajahan datang, mengubah pesantren-pesantren menjadi markas-markas perjuangan,  santri-santri  (peserta  didik  pesantren)  menjadi  jundullah  (pasukan  Allah)  yang siap melawan penjajah sedangkan ulamanya menjadi panglima perangnya. Hampir seluruh wilayah di Indonesia yang melakukan perlawanan terhadap penjajah adalah kaum muslimin beserta ulamanya.

Potensi-potensi  tumbuh  dan  berkembang  diabad  13  menjadi  kekuatan  perlawanan terhadap penjajah. Ini dapat dibuktikan dengan adanya hikayat-hikayat pada masa kerajaan- kerajaan Islam yang syair-syairnya berisikan perjuangan. Ulama-ulama menggelorakan Jihad melawan kaum kafir yaitu penjajah Belanda. Belanda mengalami kewalahan yang akhirnya menggunakan strategi-strategi:

o  Politik devideetimpera,yang pada kenyataannya memecahbelah atau mengadu domba antara  kekuatan  Ulama  dengan  adat  contohnya  perang  Padri  di  Sumatera  Barat  dan perang Diponegoro di Jawa.

o  Mendatangkan  Prof.  Dr.  Snouk  Cristian  Hourgonye  alias  Abdul  Gafar  seorang  Guru Besar keIndonesiaan di Universitas Hindia Belanda juga seorang orientalis yang pernah mempelajari Islam di Mekkah, dia berpendapat agar pemerintahan Belanda membiarkan umat  Islam  hanya  melakukan  ibadah  mahdhoh  (khusus)  dan  dilarang  berbicara  atau sampai melakukan politik praktis. Gagasan tersebut dijalani oleh pemerintahan Belanda dan salah satunya adalah pembatasan terhadap kaum muslimin yang akan melakukan ibadah Haji karena pada saat itulah terjadi pematangan pejuangan terhadap penjajahan.

 

4.Babak keempat, abad 20 masehi

 

Awal  abad  20  masehi,  penjajah  Belanda  mulai  melakukan  politik  etik  atau  politik balas   budi   yang  sebenarnya   adalah  hanya   membuat   lapisan  masyarakat   yang  dapat membantu  mereka  dalam  pemerintahannya  di  Indonesia.  Politik  balas  budi  memberikan pendidikan   dan   pekerjaan   kepada   bangsa   Indonesia   khususnya   umat   Islam   tetapi sebenarnya  tujuannya  untuk  mensosialkan  ilmu-ilmu  barat  yang  jauh  dari  Al  Qur’an  dan hadist dan akan dijadikannya boneka-boneka penjajah. Selain itu juga mempersiapkan untuk lapisan  birokrasi  yang  tidak  mungkin  pegang  oleh  lagi  oleh  orang-orang  Belanda.Yang mendapat   pendidikanpun   tidak   seluruh  masyarakat   melainkan  hanya   golongan   Priyayi (bangsawan),   karena   itu   yang   pemimpin-pemimpin  pergerakan   adalah  berasalkan   dari golongan bangsawan.

 

Strategi   perlawanan   terhadap   penjajah   pada   masa   ini   lebih   kepada   bersifat organisasi  formal  daripada  dengan  senjata.  Berdirilah  organisasi  Serikat  Islam  merupakan organisasi   pergerakan   nasional   yang   pertama   di   Indonesia   pada   tahun   1905   yang mempunyai anggota dari kaum rakyat jelata sampai priyayi dan meliputi wilayah yang luas. Tahun  1908  berdirilah  Budi  Utomo  yang  bersifat  masih  bersifat  kedaerahan  yaitu  Jawa, karena itu Serikat Islam dapat disebut organisasi pergerakan Nasional pertama daripada Budi

Utomo.

 

Tokoh   Serikat   Islam   yang   terkenal   yaitu   HOS   Tjokroaminoto   yang   memimpin organisasi tersebut pada usia 25 tahun, seorang kaum priyayi yang karena memegang teguh Islam  maka  diusir  sehingga  hanya  menjadi  rakyat  biasa.  Ia  bekerja  sebagai  buruh  pabrik gula.  Ia  adalah  seorang  inspirator  utama  bagi  pergerakan  Nasional  di  Indonesia.  Serikat Islam dibawah pimpinannya menjadi suatu kekuatan yang di perhitungkan Belanda. Tokoh- tokoh Serikat Islam lainnya ialah H. Agus Salim dan Abdul Muis, yang membina para pemuda yang  tergabung  dalam  Young  Islamitend  Bound  yang  bersifat  nasional,  yang  berkembang sampai pada sumpah pemuda tahun 1928.

Dawah Islam di Indonesia terus berkembang dalam institusi-institusi seperti lahirnya Nadhatul   Ulama,   Muhammadiyah,   Persis   dll.   Lembaga-lembaga   ke-Islaman   tersebut tergabung  dalam  MIAI  (Majelis  Islam  Ala  Indonesia)  yang  kemudian  berubah  namanya menjadi   MASYUMI   (Majelis   Syura  Muslimin   Indonesia)   yang  anggotanya   adalah  para pimpinan institusi-institusi ke-Islaman tersebut.

Dimasa  pendudukan  Jepang,  dilakukan  strategi  untuk memecahbelah  kesatuan kekuatan   umat   oleh   pemerintahan   Jepang   dengan   membentuk   kementrian   Sumubu (Departemen Agama). Jepang meneruskan strategi yang dilakukan Belanda terhadap umat Islam.  Ada  seorang  Jepang  yang  faham  dengan  Islam  yaitu  Kolonel  Huri,  ia  memotong koordinasi  ulama-ulama  dipusat  dengan  didaerah,  sehingga  ulama-ulama  didesa  yang kurang informasi dan akibatnya membuat umat dapat terbodohi.

Pemerintahan   pendudukan   Jepang   memberikan   fasilitas   untuk   kemerdekaan Indonesia   dengan   membentuk   BPUPKI   (Badan   Penyelidik   Usaha-Usaha   Persiapan Kemerdekaan   Indonesia)   dan   dilanjuti   dengan   PPKI   (Panitia   Persiapan   Kemerdekaan Indonesia) dan lebih mengerucut lagi menjadi PanitiaSembilan, Panitia ini yang merumuskan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945. Piagram Jakarta merupakan konsensus tertinggi untuk menggambarkan adanya keragaman Bangsa Indonesia yang mencari suatu rumusan untuk hidup bersama.Tetapi ada kalimat yang kontropersi dalam piagam ini yaitu penghapusan 7 kata lengkapnya kewajibanmenjalankansyariatIslambagiparapemeluk-pemeluknyayang terletak  pada  alinea  keempat  setelah  kalimat  Negara  berdasarkan  kepada  Ketuhan  Yang Maha Esa.

 

 

5. Babakkelima, abad 20 & 21.

 

Pada  babak  ini  proses  dawah  (Islamisasi)  di  Indonesia  mempunyai  ciri   terjadinya globalisasi  informasi  dengan  pengaruh-pengaruh  gerakan  Islam  internasional  secara  efektif yang   akan   membangun   kekuatan   Islam   lebih   utuh   yang   meliputi   segala   dimensinya. Sebenarnya  kalau  saja  Indonesia  tidak  terjajah  maka  proses  Islamisasi  di  Indonesia  akan berlangsung  dengan  damai  karena  bersifat  kultural  dan  membangun  kekuatan  secara struktural.   Hal   ini   karena   awalnya   masuknya   Islam   yang   secara   manusiawi,   dapat membangun  martabat  masyarakat  yang  sebagian  besar  kaum  sudra  (kelompok  struktur masyarakat terendah pada masa kerajaan) dan membangun ekonomi masyarakat.  Sejarah membuktikan  bahwa  kota-kota  pelabuhan  (pusat  perdagangan)  yang  merupakan  kota-kota yang perekonomiannya berkembang baik adalah kota-kota muslim. Dengan kata lain Islam di Indonesia  bila  tidak  terjadi  penjajahan  akan  merupakan  wilayah  Islam  yang  terbesar  dan terkuat.  Walaupun  demikian  Allah  mentakdirkan  di  Indonesia  merupakan  jumlah  peduduk muslim  terbesar  didunia,  tetapi  masih  menjadi  tanda  tanya  besar  apakah  kualitasnya sebanding dengan kuantitasnya.

 

 

Siapakah Pembawa Islam ke Indonesia?


Sebelum pengaruh islam masuk ke Indonesia, di kawasan ini sudah terdapat kontak-kontak dagang, baik dari Arab, Persia, India dan China. Islam secara akomodatif, akulturasi, dan sinkretis merasuk dan punya pengaruh di arab, Persia, India dan China. Melalui perdagangan itulah Islam masuk ke kawasan Indonesia. Dengan demikian bangsa Arab, Persia, India dan china punya nadil melancarkan perkembangan islam di kawasan Indonesia.


 


Gujarat (India)


Pedagang islam dari Gujarat, menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antara lain:



  1. ukiran batu nisan gaya Gujarat.

  2. Adat istiadat dan budaya India islam.

 


Persia


Para pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antar lain:



  1. Gelar “Syah” bagi raja-raja di Indonesia.

  2. Pengaruh aliran “Wihdatul Wujud” (Syeh Siti Jenar).

  3. Pengaruh madzab Syi’ah (Tabut Hasan dan Husen).

 


Arab


Para pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauan Indonesia, dengan bukti antara lain:



  1. Menurut al Mas’udi pada tahun 916 telah berjumpa Komunitas Arab dari Oman, Hidramaut, Basrah, dan Bahrein untuk menyebarkan islam di lingkungannya, sekitar Sumatra, Jawa, dan Malaka.

  2. munculnya nama “kampong Arab” dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat, yang banyak mengenalkan islam.

 


China


Para pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan, Laksamana Cheng Ho/Dampo awan ?), mengenalkan islam di pantai dan pedalaman Jawa dan sumatera, dengan bukti antar lain :



  1. Gedung Batu di semarang (masjid gaya China).

  2. Beberapa makam China muslim.

  3. Beberapa wali yang dimungkinkan keturunan China.

 


Dari beberapa bangsa yang membawa Islam ke Indonesia pada umumnya menggunakan pendekatan cultural, sehingga terjadi dialog budaya dan pergaulan social yang penuh toleransi (Umar kayam:1989)


 


Proses Awal Penyebaran Islam di Indonesia


 


1. Perdagangan dan Perkawinan


Dengan menunggu angina muson (6 bulan), pedagang mengadakan perkawinan dengan penduduk asli. Dari perkawinan itulah terjadi interaksi social yang menghantarkan Islam berkembang (masyarakat Islam).


2. Pembentukan masyarakat Islam dari tingkat ‘bawah’ dari rakyat lapisan bawah, kemudian berpengaruh ke kaum birokrat (J.C. Van Leur).


3. Gerakan Dakwah, melalui dua jalur yaitau:


a. Ulama keliling menyebarkan agama Islam (dengan pendekatan Akulturasi dan Sinkretisasi/lambang-lambang budaya).


b. Pendidikan pesantren (ngasu ilmu/perigi/sumur), melalui lembaga/sisitem pendidikan Pondok Pesantren, Kyai sebagai pemimpin, dan santri sebagai murid.


Dari ketiga model perkembangan Islam itu, secara relitas Islam sangat diminati dan cepat berkembang di Indonesia. Meskipun demikian, intensitas pemahaman dan aktualisasi keberagman islam bervariasi menurut kemampuan masyarakat dalam mencernanya.


Ditemukan dalam sejarah, bahwa komunitas pesantrean lebih intens keberagamannya, dan memiliki hubungan komunikasi “ukhuwah” (persaudaraan/ikatan darah dan agama) yang kuat. Proses terjadinya hubungan “ukhuwah” itu menunjukkan bahwa dunia pesantren memiliki komunikasi dan kemudian menjadi tulang punggung dalam melawan colonial.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar