Sebarkan Kebaikan, Sebarkan Kasih Sayang, Jalin Persaudaraan, Jalin Kebersamaan

Selasa, 28 Juli 2009

Manajemen Pemasaran

Bahan Slide Manajemen pemasaran  Download Disini

Promotion :

1.       Periklanan : Awareness, Information, attititude, advertiser’s interest.

2.       Otto Klefner => awareness dan preference

As Adnan putra => penampilan, kesadaran, sikap, tindakan

Rhenald khasali => hubungan barang dengan sales

Aucker dan mayer => Loyal Consumer, Positive attitude=> need time

-          Promotion Mix (integrated marketing Communication) => Komunikasi pemasaran menyeluruh.

o   Advertising : iklan

o   Sales Promotion : Insentif tambahan (face to face => lebih personal) contoh : Asuransi

o   Publicity : Hubungan baik (PR/Public relation), contoh. Bhakti social, Agen 1000 sunlight

o   Personal selling : face to face

o   Direct marketing : langsung ke konsumen

-          Faktor pengaruh IMC :

o   Jenis pasar produk

o   Tahap kesiapan pembeli

o   Tahap siklus produk

-          Mengukur hasil IMC : sales dan loyalitas

-          Mengelola IMC : integrasi menyeluruh dari 5 tahap promosi

 

Advertising (Iklan) => kesadaran konsumen akan kehadiran produk kita.

Ciri-ciri :

-          Presentasi umum

-          Monolog umum

-          Tersebar luas

-          Ekspresi kuat

 

Strategi Pemasaran Global

Kriteria keputusan pemasok :

1.       Faktor biaya;

2.       Faktor kondisi ketersediaan;

3.       Faktor logistik;

4.       Faktor infrastruktur Negara;

5.       Faktor risiko politik;

6.       Faktor pasar; dan

7.       Faktor kurs mata uang.

 

Kebijakan nasional exim :

clip_image001      Hambatan tariff

clip_image001      Hambatan non tariff

o   Kuat dan pengendalian perdag;

o   Kebijakan diskriminatif perdag;

o   Prosedur bea masuk;

o   Pengendalian moneter selektif; dan

o   Kebijakan kurs mata uang.

 

 

Memilih Pasar ekspor :

-          Menciptakan profil pasar : Siapa, promosi apa, masalah apa, berapa, kepada dan mengapa

-          Kriteria pemilihan pasar : potensi pasar, pertimbangan aspek sasar, biaya pengiriman, tingkat dna mutu kompetensi

-          Memperluas pasar potensial.

 

Alternatif Strategi Pemasaran :

clip_image002

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Agen Distributor

-          Sedikit investasi;

-          Kendali usaha pemasaran

Cabang Pemasaran :

-          Menghadirkan perusahaan di pasar modal;

-          Mengendalikan usaha pemasaran;

-          Efektif dan biaya;

-          Komunikasi lebih baik;

-          Member keunggulan pada kemampuan;

-          Strategi global dan kesanggupan local;

Orientasi :

-          Etnosentris    clip_image003        Sentralisasi contoh : Standard sharterd bank

-          Polisentris clip_image004   Desentralisasi

-          Regosentris clip_image005          

-          Geosentris clip_image006

 

 

Aset Kunci

Peran Unit Negara

Pengetahuan

Ciri

Orientasi

Domestik

Di Negara sendiri

Negara tunggal

Negara sendiri

Localized

etnosentris

International

Sentralisasi

Adaptasi pengetahuan

Diciptakan di pusat dan dialihkan

Difusi produk

etnosentris

Multinasional

Desentralisasi

Pabrik di Negara

Menjajahi pesaing ideal

Dialihkan di unit operasional (neg dituju)

Flexible

Polisentris

Global

Globalisasi

Pemasar/pemasok

Tahu sebagai pemasar dan pemasok

Menjangkau pasar dan pemasok

Geosentris

Transnasional

Tersebar, saling tunggang

Kontribusi pada dunia

Fungsi dikenakan bersama

Gol, selisih dunia

Geosentris

 

Strategi perluasan pasar :

 

Konsentrasi

Desentralisasi

Konsentrasi

Fokus sempit

Focus negara

Diversifikasi

Diversifikasi negara

Diversifikasi global

 

 

Marketing in venus :

18 Prinsip

1.       Teknologi Informasi (TI) : mengikuti, memperhatikan perkembangan teknologi, mood management => layar sentuh;

2.       Customer : menyentuh emosi mereka, desain, produk. Contoh : starbuck => bukan suasana tapi produk cangkir dan benda-benda yang beratmosfer starbuck.

3.       Competitor : dari M ke EM. Fungsional benefit atau emotional benefit (IM3).

4.       Consumer in and out : perlu melakukan observasi, melakukan riset customer insight, menganalisis pandangan konsumen, berpikiran layaknya konsumen;

5.       Mempertajam Intuisi : hasil riset jangan dijadikan sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan.

6.        Lebih maju dari pelanggan : jangan takut untuk mendobrak peraturan yang ada. Pelajari hal-hal lain sehingga anda menemukan pola baru.

7.       Merek harus bekharisma : buatlah merek-merek anda memancarkan kharismanya buat produk anda berada dimana-mana, terkenal luas (contoh : aqua, indomie);

8.       Empati : memegang peranan penting dalam service. Servis harus menjadi panggilan jiwa bukan merupakan tugas mengambangkan empty thd pelanggan;

9.       Libatkan pelanggan dalam proses bisnis: Pergeseran era, libatkan pelanggan secara total sehingga mereka punya andil terhadap produk anda ( Hanamasa, Open Kitchen => breadtalk)

10.   Pandang pasar secara dinamis tidak terbatas.Melihat pelanggan secara utuh dari berbagai perannya maka terbukalah berbagai kesempatan. Gunakan variable yang bersifat psikografis dan perilaku.

11.   Tanamkan produk di benak pelanggan. Buat pelanggan jatuh cinta pada produk anda, usahakan agar materi komunikasi anda menekan dan menyentuh sisi emosional pelanggan.

12.   Jangan membohongi pelanggan. Bila anda telah menyatakan suatu janji, maka laksanakan dengan sungguh-sungguh. Beri penjelasan terperinci dari PR hingga biro iklan. Contoh : Syarat dan ketentuan berlaku;

13.   Perbedaan. Berbeda dalam hal pelayanan, perhatikanlah suasana disekitarnya.

14.   Produk dan service harus berpengalaman. Rangsanglah lima panca indra pelanggan. Tingkatkan produk dan layanan tapi harus lebih maju lagi yaitu pengalaman.

15.   Harga harus mudah dipahami. Komunikasikan harga secara tepat, jika perlu cantumkan harga. Pastikan bahwa harga yang sampai ke pasar adalah sama agar tidak membingungkan konsumen.

16.   Komunitas chanel terbaik untuk pelanggan. Bentuklah komunitas konsumen anda jadikan merek anda bagian dari gaya hidup konsumen.

17.   Promotion. Buatlah cerita, mitos, atau berita menarik mengenai produk dan perusahaan anda.

18.   Relationship,kunci kesuksesan penjualan. Membina hubungan dengan saluran pelanggan. Tawarkan  produk yang berbeda pada konsumen yang sama.

 

Soal Quiz :

1.       Apa yang dimaksud (kaitannya dengan Marketing Mix) Place dan Promotion?

2.       Jelaskan ke 8 fungsi yang diperankan oleh marketing chanel? Apa saja yang termasuk dalam upward, backward dan two way?

3.       Jelaskan dengan gambar saluran distribusi dari zero level hingga third level?

4.       Apa saja yang termasuk dalam service output level (5 hal)? Apa beda wholeseller  dan retailer? Kehadiran makro, wholeseller atau retailer?

5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan integral marketing communication dan 5 elemen yang terdapat didalamnya?

6.       Jelaskan ciri-ciri khusus ads, S. Promo, Personals, Publicity, Direct marketing? Beri contoh konkret.

 

Jawab :

1.       Place adalah tempat untuk distribusi pada saluran pemasaran

Place (distribution) => Marketing chanel / saluran pemasaran

 

clip_image007

 

 

 

 

 

 

 


Promotion adalah sebuah aktifitas menawarkan produk atau jasa yang bertujuan menarik orang lain untuk membeli, menggunakan produk atau jasa tersebut.

Promotion => bukan fisik => tapi positioning => mendekatkan produk ke konsumen.

 

2.       Fungsi marketing chanel :

Adapun pengertian fungsi-fungsi pemasaran adalah sebagai berikut :

a.       Fungsi penjualan : Fungsi tentang bagaimana memperlancar penjualan barang atau jasa yang dihasilkan dengan melakukan tindakan yang aktif dan dinamis.

b.      Fungsi pembelian : Merupakan usaha untuk mendapatkan barang dagangan atau bahan baku secara efisien dan efektif.

c.        Fungsi pengangkutan: Usaha menyalurkan barang atau jasa secara fisik, yang dapat dilakukan sendiri atau melalui jasa transport.

d.      Fungsi penyimpanan : Fungsi penyimpanan barang dari bahan baku sampai berupa barang yang siap dikonsumsi.

e.       Fungsi pembelanjaan : Fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern ( kredit dagang, kredit bank) guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.

f.       Fungsi standarisasi dan grading. Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar bentuk barang manufaktur. Grading merupakan usaha menggolong-golongkan barang sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan.

g.      Fungsi penanggulangan resiko: Fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.

h.      Fungsi pengumpulan informasi, Pengumpulan dan penafsiran keterangan tentang macam-macam barang yang beredar di pasar, jumlah, macam barang yang dibutuhkan konsumen, harga, dan lain-lain.

Pembagiannya :

a.       Komunikasi : two way

b.      Promosi : Forward

c.       Distribusi fisik : forward

d.      Transfer kepemilikan : forward

e.      Negosiasi : Two way

f.        Pemesanan : Back ward

g.       Pembayaran : Back ward

 

 

Prediksi :

-        Gambar 17.2 dan 17.3, place

-         Fungsi saluran pemasaran

-         Consumer marketing vs industrial chanel

-         Slide 26 - 27 (Integrated marketing communication)

-         Slide 4,5,6,7

-         Beda Selling dan Direct marketing

-         Beda Whole Seller dan Retailer

-         Beda Personel selling vs direct marketing

-         Opini : Analisa tentang relationship marketing sample

-         Strategi pemasaran global

-         Marketing venus

 

 

Tugas UAS : buat tulisan tentang Etika Pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar